Minggu, 02 September 2012

Mozilla Garap Firefox untuk Windows 8


detail beritaCALIFORNIA - Pekan ini Mozilla mengungkapkan rencananya untuk membuat versi Firefox versi Metro untuk Windows 8. Pengumuman ini membuatnya menjadi rival pertama peramban Microsoft yang mengakui proyeknya untuk edisi Metro.

Seperti diwartakan The Washington Post, Selasa (14/2/2012), aplikasi tersebut rencananya dibuat berdasarkan layout engine Gecko dan akan memanfaatkan  peningkatan pengalaman layar sentuh yang dibawa Windows 8 dalam aplikasi gaya Metronya. Selain itu juga disertakan dukungan untuk AwesomeBar, tab, dan kontrol navigasi umum.

Mozilla sedang menyiapkan bukti konsep teknologi untuk Q2 2012. Mereka juga menggodok ide tentang live tile untuk Start Screen, dengan data yang terpusat pada pengguna dan akan tetap update meskipun perambannya sedang tidak digunakan.

Microsoft sendiri telah membangun Internet Explorer 10 untuk Windowss 8 Metro, namun perusahaan yang didirikan Bill Gates itu tidak akan mendukung plug-in peramban seperti Adobe Flash Player. Masih belum jelas, apakah peramban pihak ketiga akan mendukung Flash secara terbatas.

Dilansir Macworld, dalam roadmap yang dipublikasikan oleh Mozilla, bukti konsep teknologi yang dibuat untuk Metro adalah sebuah langkah pertama.

"Ini bukan sekedar alpha atau  beta, tapi harus bisa  menunjukkan kelayakkan Firefox pada Windows 8 Metro," terang Asa Dotzler, Product  Director Firefox dalam penjelasan roadmap perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar: