Minggu, 02 September 2012

Produksi Satelit Lapan Pertama Siap Meluncur 2013


detail beritaBOGOR - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berhasil membuat satelit Lapan A2 yang merupakan satelit pertama asli buatan Indonesia.

Satelit yang menelan biaya hingga Rp3,3 miliar ini nantinya akan memiliki tiga misi utama yakni pengamatan Bumi, pemantauan kapal serta komunikasi radio amatir di daerah bencana.

Satelit Lapan Tubsar yang dibuat oleh anak bangsa ini bekerjasama dengan Universitas Berlin di Jerman, yang diluncurkan pada tahun 2007 lalu. Bahkan untuk pengembangan dari satelit ini, Lapan pada 2013 akan meluncurkan satelit Lapan A2 yang saat ini prosesnya sudah selesai dan disimpan di pusat teknologi satelit Lapan di Rancabungur, Bogor.

Suhermanto, Kepala Pusat Teknologi Lapan menyatakan, satelit ini merupakan buatan pertama karya anak bangsa, meskipun komponennya impor, akan tetapi satelit A2 ini memiliki sensor yang lebih meningkat dibanding satelit sebelumnya.

Bahkan, ini juga dirancang dirancang untuk 3 misi yakni, pengamatan Bumi, pematauan kapal dan komunikasi radio amatir, serta memiliki sensor automatic identification system (AIS) untuk identifikasi kapal layar yang melintas di wilayah yang dilewati satelit tersebut dan memantau lalu lintas wilayah yang dilewati satelit tersebut dan memantau lalu lintas wilayah laut Indonesia.
 

Tidak ada komentar: