Rabu, 29 Agustus 2012

Rossi Terima Penghargaan Diploma d'Onore CONI


Valentino Rossi sang legenda balap motor dunia/Getty Images MILAN – Valentino Rossi mungkin bukan lagi penghuni reguler podium sejak pindah ke Ducati pada 2011 silam. Namun, Rossi tetaplah legenda balap dengan sembilan gelar juara dunia. Federasi Balap Italia (FMI) pun menganugerahkan Rossi Diploma d’Onore CONI.

Diploma d’Onore CONI merupakan penghargaan diploma yang diberikan oleh Komite Olimpiade Italia kepada atlet. Penghargaan ini sebenarnya telat diberikan karena dasar penyerahan gelar ini adalah gelar juara dunia MotoGP yang diraih The Doctor bersama Yamaha pada 2009 silam.

Namun, mengingat balap motor bukanlah ajang yang diikutsertakan dalam Olimpiade dan birokrasi berjalan lamban di Negeri Pizza maka keterlambatan ini dapat dimaklumi. Penghargaan ini sendiri diberikan pada Gran Premio d’Italia pekan lalu di Sirkuit Mugello.

Penghargaan diploma ini merupakan penghargaan lanjutan dari Collare d’Oro atau golden collar award alias penghargaan kerah emas yang pernah diberikan kepada pembalap berusia 33 tahun tersebut saat merebut juara dunia pertamanya di kelas 125cc pada 1997 silam.

Penghargaan golden collar merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Komite Olimpiade Italia kepada seorang atlet dan hanya diserahkan sekali. Penghargaan diploma hanya diberikan kepada mereka yang pernah menerima penghargaan kerah emas.

Tidak ada komentar: