Rabu, 21 November 2012

Latma Elang Indopura : 4 Hawk TNI AU Landing di Lombok


Setelah sebelumnya pesawat tempur F-5 Republic of Singapore Air Force (RSAF) mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL), langit Bumi Gora kembali diriuhkan oleh raungan pesa wat-pesawat tempur, kali ini 4 pesawat Hawk 100/200 dari skadron 1 Lanud Supadio Pontianak bergemuruh di atas langit Bumi Gora.

Keempat pesawat Hawk 100/200 TNI AU dari Skadron 1 itu mendarat untuk pertama kalinya di BIL, tepat pukul 12.45 WITA. Kedatangan rombongan TNI AU ini untuk bergabung dalam latihan bersama (Latma) antara TNI AU dan RSAF yang digelar dari tanggal 12-30 November 2012, Latma ini sudah berjalan sejak 32 tahun silam, dan kali ini Latma bertempat di Bandara Internasional Lombok dengan Lanud Rembiga sebagai pendukung operasinya.

Kedatangan para penerbang tempur TNI AU ini disambut langsung Komandan Lanud Rembiga Letkol Pnb Ridha Hermawan, dengan diiringi kesenian tradisional khas lombok gendang beleq serta gamelan sasak dan juga Putri Dirgantara Lombok.

Digelarnya latihan bersama di Lombok ini juga sebagai peran serta TNI AU dalam hal ini Lanud Rembiga untuk mendukung Program Pemerintah Provinsi NTB Visit Lombok Sumbawa 2012, dengan mendatangkan ratusan peserta latihan dari dalam dan luar negeri.

Dalam latihan bersama antara TNI AU dan RSAF kali ini terdapat dua latihan yaitu Latma Elang Indopura dimana TNI AU melibatkan 4 pesawat Hawk 100/200 dari Skadron 1 Pontianak dan RSAF Melibatkan 6 pesawat F-5 yang sudah datang dari tanggal 12 November di Lombok, selain Latma Elang Indopura rencananya akan digelar pula Latma Camar Indopura dimana melibatkan pesawat-pesawat patroli maritime dari TNI AU dan RSAF.

Tidak ada komentar: