Rabu, 07 November 2012

Jelang AFF 2012 Pemain Naturalisasi Belum Pasti Dapat Posisi

JAKARTA - Jhonny van Beukering, Tonnie Cussell, dan Arthur Irawan, dijadwalkan mulai berlatih dengan tim nasional (Timnas) Indonesia, mulai hari ini. Namun, kehadiran mereka belum bisa dipastikan mendapat posisi utama atau tidak.

Van Beukering dan Cussell, memang menjadi dua pemain naturalisasi yang akan berlaga di Piala AFF, 24 November sampai 22 Desember 2012. Tidak hanya kedua pemain naturalisasi tersebut yang dipastikan bergabung hari ini, Arthur yang saat ini memperkuat Espanyol B juga dijadwalkan mulai berlatih hari ini.

Masuknya ketiga pemain tersebut memang diharapkan skuad asuhan Nilmaizar. Hal itu mengingat belum komplitnya 35 pemain yang sudah didaftarkan PSSI ke AFF. Sampai saat ini saja baru ada 21 pemain yang menjalani latihan rutin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

"Besok, pemain yang bermain di kompetisi luar negeri dipastikan akan bergabung dengan kita. Mereka juga akan mulai berlatih besok. Arthur datang malam ini, kalau Van Beukering dan Cussell akan datang besok pagi," ungkap manajer timnas Garuda, Habil Marati.

Apa yang disampaikan Habil juga diamini Nil. Mantan pelatih Semen Padang ini pun mengaku senang dengan adanya kabar bergabungnya tiga pemain tambahan dalam pelatihan nasional (Pelatnas) Timnas Garuda. Tapi Nil menyatakan, dirinya tidak mau memberikan garansi apakah pemain-pemain tersebut apakah dibawa kedalam skuad AFF nanti.

"Saya belum pernah lihat dengan mata kepala saya sendiri soal kualitas mereka. sejauh ini saya liat mereka dari video. Kami akan lihat lebih dulu apakah mereka cocok dengan tim atau tidak. Jadi tidak ada jaminan sebenarnya dengan kedatangan mereka," papar Nil.

"Tapi jika dilihat dari kebutuhan, kami jelas butuh dengan kedatangan mereka. Kami bersyukur ada pemain tambahan yang datang. Kami memiliki banyak pilihan nantinya. Mereka yang berposisi sebagai penyerang dan gelandang, juga kami butuhkan saat ini," sambung pelatih 42 tahun tersebut.

Senada dengan apa yang disampaikan Nil, asisten pelatih timnas Garuda, Fabio Oliveira menjelaskan, kedatangan pemain tersebut harus memberikan tambahan motivasi kepada para pemain lainnya. Dengan adanya tiga pemain tambahan, pemain-pemain lain pun pastinya harus dituntut lebih bekerja keras. Karena persaingan untuk mendapatkan posisi utama, akan semakin bervariasi.

"Mudah-mudahan ada tambahan motivasi dan juga persaingan dengan datangnya tiga pemain baru tersebut. Jelas harus ada tambahan dari segi apapun, karena jika ada hal itu ya buat apa mereka datang. Untuk gambarannya saya rasa tim pelatih sudah ada dan nantinya tinggal memadukan saja dengan tim," papar Fabio.

"Mereka pemain-pemain yang bermain di kompetisi di atas para pemain lainnya, ya pasti itu akan menjadi nilai plus dengan kedatangan mereka. Pemain-pemain ini harusnya bisa beradaptasi dengan baik. Tapi dengan sisa waktu yang ada, saya rasa itu sudah cukup," sambung pelatih berkebangsaan Brasil tersebut.

Sementara itu, dalam latihan kemarin, hantu cedera masih membayangi beberapa pemain Timnas Garuda. Dan benar saja, Handi Ramdhan menjadi salah satu pemain yang mengalami kendala tersebut. Menurut fisioteraphis Timnas Garuda, Matias Ibo, Handi mengalami masalah di bagian lutut paha.

"Urat panjang di daerah lutuh Handi mengalami masalah. Masalahnya dari pinggang sampai lutut. Kami belum tahu bagaimana kondisinya, mungkin baru nanti malam kita cek semuanya. Apakah akan berpengaruh ke AFF, saya belum bisa memastikan hal itu," tutur Ibo.

Tidak ada komentar: