Kamis, 01 November 2012

Canonical Luncurkan Proyek Installer Ubuntu Linux untuk Google Nexus 7

Para pengguna tablet Google Nexus 7 kini bisa memperoleh variasi sistem operasi selain Android pada tablet mereka. OS tersebut adalah Ubuntu Linux.
Canonical pun baru saja meluncurkan installer Ubuntu untuk tablet Android Jelly Bean pertama di dunia tersebut. Dengan tool tersebut, pemilik tablet Google Nexus bisa menginstall Ubuntu 12.10 pada tablet itu dengan sangat mudah.
Sebelum melakukan instalasi Ubuntu, terdapat beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Pertama, Anda membutuhkan sebuah komputer yang memiliki OS Ubuntu. Yang kedua, tentu saja adalah Google Nexus 7, baik 8GB atau 16GB. Selain itu, Anda juga akan membutuhkan untuk meng-unlock bootloader pada tablet Anda.
Dengan melakukan instalasi Ubuntu pada Google Nexus 7, maka Anda secara langsung akan menghapus semua data yang ada pada tablet. Jadi, ada baiknya Anda harus mem-backup terlebih dahulu tablet Android Anda, sehingga setiap waktu Anda bisa menginstall kembali OS Android Anda.
Saat ini, memang masih terdapat beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut antara lain adalah rotasi otomatis yang tidak berjalan, Bluetooth serta kamera. Namun, Ubuntu ini merupakan versi pertama yang ditujukan untuk para developer dan tester. Dan, dalam waktu dekat, pemilik tablet Nexus 7 pun akan bisa menggunakan Ubuntu.

Tidak ada komentar: